Newsroom
gojek
Partnership /

Kementerian Kelautan dan Perikanan Gandeng Gojek Sebagai Solusi UMKM Bangkit di Kalimantan Selatan

Banjarmasin, 22 Juli 2022 – Kontribusi UMKM yang mencapai 60% terhadap PDB Nasional menjadi pilar utama ekonomi nasional. Oleh karena itu, UMKM yang dapat bertahan di masa pandemi menjadi kunci dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional. Dalam rangka peluncuran Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia "Gernas BBI" oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan "KKP" dimana Kalimantan Selatan, secara khusus Banjarmasin menjadi tuan rumah mengajak UMKM untuk go digital berkolaborasi dengan mitra strategis Gojek, platform on-demand terkemuka di Asia Tenggara. Gojek bersama KKP telah melakukan pelatihan digital marketing dalam menggunakan aplikasi GoBiz untuk 143 UMKM, bantuan promosi GoFood untuk UMKM lokal di aplikasi Gojek, serta voucher potongan bagi pengguna untuk membantu meningkatkan transaksi di UMKM yang terlibat pada acara Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia di Banjarmasin.

Menteri Kelautan dan Perikanan Sakti Wahyu Trenggono melihat perlu ada strategi khusus untuk meningkatkan digitalisasi UMKM untuk memperluas jangkauan pemasaran UMKM di Kota Banjarmasin khususnya mereka yang bergerak di sektor pemanfaatan sumber daya ikan. "Sebagai rangkaian acara dari Gerakan Kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia telah dilakukan kurasi UMKM terpilih untuk mendapatkan program pendampingan pembinaan branding, serta fasilitas promosi hingga peningkatan perluasan akses pasar menuju ekspor. Disamping itu UMKM dilibatkan dalam pelatihan general dan onboarding bekerjasama dengan Gojek melalui platform Gofood dan GoPay sebagai mitra strategis Kementerian Kelautan dan Perikanan”. 

“Kami berharap kampanye Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dapat menguatkan dan meningkatkan peran UMKM untuk menghadapi tantangan ekonomi ke depan”. Terang Sakti dalam sambutannya pada pembukaan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia dengan tema Jelajah Warna Warni Kalimantan Selatan.

Tricia Iskandar VP Public Policy & Government Relations Gojek mengatakan, “Adaptasi kebiasaan baru pasca pandemi Covid-19 memberikan tantangan besar bagi UMKM Indonesia untuk bertahan. Sejak awal berdiri, Gojek berkomitmen untuk terus dapat menjadi mitra bertumbuh dan berkembang UMKM, khususnya di masa pandemi dimana digitalisasi menjadi solusi bagi UMKM untuk bertumbuh. Gojek mewujudkan komitmen untuk mendukung Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia "Gernas BBI" melalui pelatihan UMKM dan fasilitasi onboarding. Kami memahami bahwa selain adopsi digital, UMKM memerlukan pendampingan sejak mulai bergabung hingga ketika telah berjualan online dalam bentuk edukasi dan pengembangan kapasitas untuk optimalisasi pertumbuhan usaha. Kami percaya, solusi digital dan wadah edukasi Gojek,dapat mendukung pertumbuhan UMKM lokal agar menjadi juara di negeri sendiri dan #BangkitBersama Gojek” Tutup Tricia

Share this article