D2E90398-86ED-476F-BDF3-817CBFB99ABB@1.00x Newsroom
gojek
Partners /

Kisah Inspiratif Srikandi Kuliner Solo Klinik Rasa, Selamat Dari Pandemi dengan Berjualan Makanan Rumahan Melalui Online Food Delivery

Memperjuangkan usahanya sendiri hingga bisa menginspirasi sesama pelaku usaha, Sri Prihatin pemilik Klinik Rasa selamatkan usaha dari hantaman pandemi dengan berinovasi melalui online food delivery.

Hari Perempuan Internasional yang diperingati tiap tanggal 8 Maret menjadi pengingat untuk merayakan berbagai pencapaian perempuan. Salah satunya di bidang kewirausahaan, banyak perempuan hebat yang berada di balik kesuksesan usahanya. Tidak berhenti di situ, mereka juga memberikan kontribusi dalam mengembangkan ekonomi dan pemberdayaan masyarakat serta menjadi sosok yang menginspirasi. Sri Prihatin, sosok pengusaha perempuan tangguh dengan kisah inspiratifnya selamat dari pandemi, tetap gigih berinovasi dalam membangun usaha kulinernya dengan berjualan melalui online food delivery.

 

Berangkat dari kondisi pandemi yang mendorong pelaku usaha untuk mampu beradaptasi dan bersaing, membuat perempuan berusia 50 tahun ini memutar otak untuk keberlangsungan usahanya. “Usaha ini saya rintis mulai November 2019, dengan menumpang di dapur milik adik saya. Saya berjualan offline tanpa outlet sampai pada Januari 2020 saya membuka resto dengan memanfaatkan layanan GoFood.” ungkap Sri. 

 

Sri menambahkan, sebelumnya ia adalah pekerja kantoran di Bandung yang sudah mengabdi selama 15 tahun, dengan kondisi mata yang sudah menurun, Sri memutuskan untuk mengundurkan diri dari pekerjaannya tersebut pada tahun 2018. “Karena tidak ada kegiatan di Bandung saya kembali ke Solo untuk mengurus rumah kos-kosan, lalu anak saya memberikan ide untuk memulai usaha kuliner,” jelas Sri.

 

Merasakan langsung manfaat dari berjualan online, Sri menyadari bahwa ia membutuhkan banyak  ilmu yang membantu usahanya berkembang lebih besar lagi. Rasa ‘haus’ ilmu ini yang mendorong Sri untuk bergabung ke dalam Komunitas Partner GoFood (KOMPAG). KOMPAG merupakan wadah edukasi dan berjejaring khusus partner GoFood, termasuk UMKM. Sejak pertama diperkenalkan pada akhir tahun 2019, kini telah ada lebih dari 138 ribu anggota yang bergabung dan tersebar di 70 kota di Indonesia.

 

Berbagai pelatihan melalui KOMPAG ia ikuti guna mendukung usahanya untuk bertahan dan maju, seperti membuat kanal media sosial untuk usahanya, cara promosi secara mandiri, mempelajari minat pelanggan, serta bertukar ilmu antar sesama usahawan lainnya. “Peningkatan Omzet yang didapat setelah saya bergabung di GoFood mencapai 100%. Padahal awal memulai usaha, peralatan masak hanya pinjaman & dapur pun menumpang, kemudian mampu membangun dapur higienis lengkap dengan alat masak milik sendiri.” jelasnya. 

 

Kesungguhan, kesabaran serta ketelatenan Sri terus membawa Klinik Rasa berkembang walau dihadapkan dalam ‘hantaman’ pandemi. “Di waktu luang saya sempatkan belajar untuk memanfaatkan teknologi, Apabila saat pandemi saya menyerah, mungkin Klinik Rasa tidak mampu bertahan. Saya merasa sangat beruntung menjadi salah satu anggota KOMPAG, dimana saya bisa terhubung dengan ribuan pebisnis kuliner sesama partner GoFood dari seluruh Indonesia. Di dalam komunitas kami bisa saling sharing ilmu, pengalaman & kendala yang kami hadapi, kami saling memberi solusi, menyemangati dan menguatkan. Buat saya pribadi KOMPAG itu bukan sekedar komunitas, tapi lebih dari itu.. KOMPAG merupakan keluarga kedua,” imbuh Sri.

 

Perjuangan Sri tidak sia-sia, saat ini usaha kuliner miliknya, Klinik Rasa, terus berkembang. Tidak hanya itu, dirinya kini juga aktif membagikan ilmu kepada usahawan baru dalam mengembangkan usahanya serta menginspirasi para wanita bahwa mereka juga memiliki kemampuan serta hak yang sama untuk berkembang. Tekat dan kemauan yang besar itu telah membawanya pada kesuksesan yang membuktikan bahwa perempuan dengan keinginan yang kuat mampu membawa keberhasilan, bukan hanya untuk dirinya, tetapi juga orang-orang di sekitarnya, dan teman seperjuangan dalam meniti usaha,. Kelihaian Sri tidak hanya dari sisi pemasaran, tetapi bagaimana ia mengelola rasa masakannya dengan tujuan memanjakan para pecinta kuliner untuk menikmati hidangan yang disajikan. Hal ini juga yang membawa Sri berkesempatan untuk berbincang langsung dengan CEO Gojek Kevin Aluwi beberapa waktu lalu.


“Sebagai perempuan yang memulai usaha dari nol, saya merasa bersyukur diterima sebagai merchant GoFood hingga sekarang dipilih menjadi ketua KOMPAG Solo Raya dengan lebih dari 600 anggota di Telegram. Saya berterima kasih yang sebesar-besarnya kepada keluarga besar GoFood dan Gojek, tanpa kalian apalah artinya saya dan tanpa kalian Klinik Rasa bukan apa-apa.”tutup Sri.

Share this article