D2E90398-86ED-476F-BDF3-817CBFB99ABB@1.00x Newsroom
gojek
Corporate /

Sinergi Gojek Bersama Pemprov Sumbar dan OJK Gaungkan Gerakan Nasional ‘Bangga Buatan Indonesia’ untuk Promosikan UMKM melalui Festival Kuliner Sumatera Barat

  • Kerjasama menginisiasi Festival Kuliner Sumatera Barat ini bertujuan mempromosikan 60 UMKM yang 40 diantaranya merupakan UMKM mitra usaha GoFood dan GoPay.

  • Gojek  konsisten menjadi mitra  pertumbuhan UMKM Sumatera Barat untuk terus maju dan berkembang.

  • Program ini juga berupaya menginspirasi masyarakat untuk mengembangkan usaha kuliner dan melestarikan  kuliner otentik Minangkabau.

     

Padang, 28 Maret 2022 - Gojek, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Pemprov Sumbar), dan Otoritas Jasa Keuangan (OJK) kembali menggaungkan Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia "Gernas BBI" dengan gelaran  Festival Kuliner Sumatera Barat yang untuk pertama kalinya berlangsung secara offline semenjak Pandemi Covid-19. Kota Padang kali ini menjadi tuan rumah dari gerakan yang menjadi titik penting bagi kebangkitan UMKM yang sudah berlangsung sejak 2020. Ekosistem Gojek dengan GoFood dan GoPay yang ada di dalamnya juga terus berperan menjadi partner utama UMKM Sumatera Barat untuk terus maju dan berkembang.


Selain mempromosikan kuliner Sumatera Barat, Festival yang berlangsung pada 26-27 Maret 2022 ini juga dilaksanakan sebagai bagian menyambut bulan suci Ramadhan. Lewat festival ini, masyarakat di Kota Padang bisa menikmati berbagai pilihan kuliner dari 60 UMKM, 40 diantaranya merupakan UMKM mitra usaha GoFood dan GoPay. Selama festival berlangsung , pelanggan bisa menikmati potongan harga dan promo yang diberikan GoFood dan GoPay untuk pelanggannya. Para pengunjung juga bisa menikmati serangkaian acara menarik seperti, lomba kuliner, live cooking, penampilan musik, dan stand up comedy. 


Gubernur Sumatera Barat, H. Mahyeldi Ansharullah, SP menyampaikan penghargaannya kepada Gojek yang terus mendukung pertumbuhan UMKM go digital di Sumatera Barat “Gojek melalui ekosistemnya senantiasa  konsisten menjadi mitra strategis Pemerintah dalam memajukan UMKM secara khusus pelaku UMKM kuliner melalui program Festival Kuliner Sumatera Barat ini. Program ini tidak hanya UMKM untuk bangkit dari keterpurukan sejak pandemi, namun menjadi panggung dalam mendukung promosi budaya lokal melalui kuliner kebanggaan Sumatera Barat. Harapannya kolaborasi ini dapat terus berdampak positif dan membantu pelaku UMKM di Sumatera Barat untuk berdaya dan bertumbuh melalui ekosistem digital ungkap Mahyeldi.


Kepala Otoritas Jasa Keuangan Sumatera Barat, Yusri, menyampaikan “Festival ini diharapkan dapat meningkatkan transaksi para UMKM Sumatera Barat agar kembali menggeliat dan bisa mendorong pertumbuhan transaksi UMKM di Sumatera Barat. Kami mengapresiasi dukungan dan partisipasi Gojek dalam Gernas BBI OJK yang bahkan telah dimulai sebelum program dimulai April nanti. Harapannya Festival Kuliner Sumatera Barat ini menjadi pembuka dan turut serta menyemarakkan Gernas BBI OJK di Sumatera Barat pada bulan April hingga Juni mendatang”.  


Hal senada disampaikan Ketua Penyelenggara Acara, Wudi Hamdani, “Acara ini diselenggarakan sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kuliner otentik minang yang mulai tergerus oleh kemajuan zaman. Melihat peran besar Gojek yang selama ini terus memajukan UMKM, kami sangat bangga untuk dapat bersinergi langsung dengan perusahaan karya anak bangsa dengan semangat yang senada”.


Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mengajak seluruh elemen masyarakat bergotong royong mendorong perekonomian Indonesia di tengah pandemi COVID-19, dengan cara menghubungkan jutaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) Indonesia ke platform online yang diluncurkan oleh Presiden pada tahun 2020 lalu. Gojek secara konsisten dan kontinu telah ikut mendukung dan berpartisipasi dalam Gernas BBI guna mendukung usaha lokal, khususnya UMKM untuk dapat bertumbuh, berdaya saing serta bangkit bersama di tengah keterpurukan pandemi.  


Head of Public Policy and Government Relations Sumatra Gojek, Muhammad Ruslan mengatakan, ”Sejak awal Gernas BBI ini diluncurkan, kami menyadari bahwa semangat dan misi untuk memberikan dampak sosial seluas mungkin bagi masyarakat Indonesia  termasuk menjadi mitra  bagi pertumbuhan UMKM ini sangatlah sejalan. Dengan demikian, sinergi ini adalah bentuk nyata dari upaya Gojek untuk mensukseskan gerakan ini, dengan cita-cita besar kita untuk menjadikan produk buatan Indonesia menjadi tuan rumah di negaranya sendiri. Saat ini untuk menyambut Indonesia yang pulih dari Pandemi, Gojek juga terus melakukan upaya-upaya agar UMKM semakin dikenal, Festival Kuliner Sumatera Barat ini lah salah satu bentuknya,”.


Gojek terus berupaya menghadirkan solusi inovatif untuk membantu para pelaku UMKM secara teknologi dan non teknologi melalui berbagai inisiatif. Dari berbagai layanan di ekosistem Gojek yang dapat dimanfaatkan pelaku UMKM, hingga pelatihan dan dukungan pengembangan usaha secara konsisten dilakukan untuk memberikan solusi lengkap dan inklusif bagi para pelaku UMKM.

Share this article